Halaman

Translate

Rabu, 18 Juli 2012

Tips Merawat Baterai Laptop


Tips Merawat Baterai Laptop
Banyak cara untuk merawat Laptop, BATERAI salah satunya. Banyak keluhan dari pengguna laptop bahwa baterai lemah, cepat habis, atau drop. Pada artikel kali ini saya coba berikan beberapa tips agar baterai laptop dapat bertahan lama.
  1. Jangan meletakkan laptop diatas kasur, sofa, lantai ketika digunakan, karena baterai membutuhkan ruang untuk mengeluarkan panas.
  2. Usahakan jangan terlalu sering menggunakan laptop sambil di charge, karene itu akan mengurangi daya tahan baterai itu sendiri.
  3. Gunakan coolingpad, karena coolingpad dapat menyerap panas yang berlebih pada baterai yang membuat beterai tidak cepat panas.
  4. Usahakan ketika menaruh laptop jangan terkena sinar matahari langsung, karena akan mempengaruhi kinerja laptop dan baterainya.
  5. Apabila laptop tidak dipakai dalam waktu yang lama, pisahkan baterai dari laptop. Simpan baterai ditempat kering dan gunakan silica gel untuk menghindari kelembaban.
  6. Kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara meng-kalibrasi adalah gunakan baterai sampai menyisakan +/- 10-15 % daya, lalu matikan laptop dan charge sampai penuh. Dengan begitu partikel-partikel didalam baterai akan terus bergerak sehingga kondisinya akan selalu prima.
  7. Laptop/baterai jangan sampai terbentur apalagi terjatuh, dan jangan ditindih benda berat diatasnya.
  8. Apabila laptop sering di on/off kan, lebih baik gunakan sleep mode untuk meminimalisir penggunaan daya. Karena daya yang dibutuhkan saat menyalakan laptop akan lebih besar.
  9. Selalu gunakan charger original untuk mempertahankan daya tahan baterai.
  10. Mungkin yang terakhir, jangan sampai laptop terkena air apalagi tercebur. Selain akan membuat komponen dalam baterai melemah, tentu saja akan membuat laptop rusak. he...he...he 
 Demikian beberapa tips untuk menjaga kondisi baterai laptop tetap prima, semoga bermafaat dan SELAMAT MENCOBA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar