Halaman

Translate

Kamis, 19 Juli 2012

Tips Melindungi Mata Dari Radiasi Komputer

Tips Melindungi Mata Dari Radiasi Komputer
Bagi anda senang menghabiskan waktu berlama-lama didepan komputer, anda perlu ingat untuk menjaga kesehatan penglihatan anda dari pengaruh komputer. Jika anda menggunakan komputer tabung perlu diperhatikan refresh rate, karena refresh rate yang rendah dapat membahayakan mata anda, usahakan refresh rate yang anda set berkisar sekitar 75hz atau lebih agar mata tidak rusak dan tidak cepat lelah.  Caranya :

1. Klik kanan pada Desktop => pilih Properties => pada tab setting klik Advanced.

Pada tab Monitor, tepatnya pada seksi Monitor setting ubah refresh rate monitor anda menjadi 75hz atau lebih sedikit, he...he...he, tapi sayang, mungkin tidak semua monitor mendukung. Beri tanda centang pada hide modes agar refresh rate  yang tidak didukung komputer anda tidak ditampilkan, jika sudah ... tekan OK. Apabila setelah tekan OK tampilan monitor anda menjadi hilang, berarti monitor pada komputer anda tidak mendukung refresh rate yang anda lakukan, jangan khawatir .... tidak akan terjadi apa-apa pada monitor anda, tekan  escape (esc) untuk membatalkan semua pengaturan tadi dan monitor anda akan kembali seperti semula.

2. Jarak antara mata dengan komputer usahakan antara 40-50 cm, jangan terlalu dekat atau terlalu jauh.

3. Gunakan pencahayaan yang cukup.

4. Upayakan posisi mata dan monitor tegak lurus untuk menjaga fokus mata.

5. Apabila mata sudah merasa lelah, hentikan kegiatan dan istirahatkan mata kurang lebih 15 menit-an, karena memandang monitor komputer atau televisi dapat mengurangi frekuensi kedipan mata yang menyebabkan mata menjadi kering, kalau sudah begitu tidak ada salahnya menggunakan obat tetes mata untuk menyegarkannya kembali.

Demikianlah, semoga tips  ini bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar